Senin, 05 September 2011

Azazil, Sang Monoteis Sejati


“Penguasa segala dunia menciptakan api suci Sammun. Dari api ini Beliau menciptakan sesosok makhluk untuk kemudian dinaikkan ke surga tertinggi dan hidup sebagai malaikat. Dinamai-Nya makhluk ini, Azazil. Diwajibkan atas malaikat-malaikat yang diciptakan setelahnya untuk mengikuti, karena ia adalah imam mereka”
Potongan di atas merupakan tafsir dari ahli kitab Muslim abad ke-18 bernama Abdul Al-Wahhab, yang anaknya kemudian mengembangkan Islam aliran Wahhabi. Abdul Al-Wahhab sendiri merupakan keturunan Bani Tamim, yang jika dirunut akan kembali ke Abu Bakar As-Siddiq, sahabat Rasulullah SAW sendiri. Ini merupakan bukti bahwa walaupun tidak pernah disebutkan dalam Al-Qur’an, nama Azazil pernah disebut oleh Rasulullah. Hassan Al-Basri yang kemudian menerangkan kalau setelah dilaknat oleh Allah, Azazil kemudian dikenal sebagai Iblis.

Jauh sebelum zaman Rasulullah, nama Azazil muncul di buku ketiga dari 5 kitab Taurat, yakni buku Leviticus. Dalam yang diturunkan kepada nabi Musa ini, penyebutan nama Azazil berkenaan dengan Hari Penebusan, yang juga memiliki multitafsir. Hari Penebusan, yang menurut ajaran Yahudi disebut Yom Kippur, adalah hari dimusnahkannya semua makhluk dimana Azazil menjadi makhluk terakhir yang akan dimatikan oleh Tuhan.

Menurut ajaran Kristen Adventist Hari Ketujuh, Azazil disebut sebagai Azazel, yang disamakan dengan Satan. Dikatakan bahwa pada hari kiamat, Azazel akan menanggung dosa dari semua kaum Yahudi sebelum mereka semua menjalani penebusan dan diperkenankan memasuki surga.
Terlepas dari agama Semit mana yang mengajarkan tentang Azazil, namanya jelas ditemukan pada dokumen sejarah yang ditemukan di Qumran. Para arkeolog berasumsi kalau dokumen ini berasal dari zaman Yahudi karena banyak mencatat tentang Bani Ibrahim, mulai dari awal persebaran ajarannya hingga ke akhir hayatnya yang diyakini sebagai Yom Kippur. Dari buku-buku inilah serpihan-serpihan kisah tentang Azazil disatukan.

Etimologi
Kata Azâzîl terdiri atas al-‘azâz yang berarti 'hamba' dan al-îl yang berarti 'Allah'. Kata al-‘azâz berasal dari al-‘izzah yang berarti kebanggaan atau kesombongan. atau dapat diartikan sebagai mahluk yang membawa kesombongannya milik Allah Dinamakan demikian karena ia tercipta dari api.

Kisah Seutuhnya
Azazil tidak langsung diciptakan untuk menjadi imam dari para malaikat. Ia harus membuktikan pengabdiannya kepada Tuhan terlebih dahulu, dan harus berkompetisi dengan malaikat lainnya, termasuk malaikat Ridwan. Demi pembuktian dirinya, Azazil berusaha keras untuk selalu beribadah, dan Tuhan pun menganugerahkan penghargaan atas setiap pencapaiannya dengan mengizinkannya untuk naik ke surga yang setingkat di atasnya. Azazil mendapat gelar yang berbeda-beda seiring dengan surga yang dimasukinya.
§  Surga Pertama (Ar-Rafii’ah)
Al-Abid yang artinya ahli ibadah
§  Surga Kedua (Al-Maa'uun)
Ar-Raki yang artinya ahli ruku
§  Surga Ketiga (Al-Maziinah)
As-Saajid yang artinya ahli sujud
§  Surga Keempat (Az-Zahirah)
Al-Khaasyi yang bermakna senantiasa merendah dan takluk kepada penciptanya
§  Surga Kelima (Al-Muniirah)
Al-Qaanit yang artinya selalu ta'at
§  Surga Keenam (Al-Khaliishah)
Al-Mujtahid yang bermakna bersungguh-sungguh dalam beribadah
§  Surga Ketujuh (Al-Ajiibah)
az-Zahid yang berarti sederhana

Setelah berhasil membuktikan bahwa dirinya merupakan hamba Tuhan paling setia dengan pengabdian paling besar, barulah Tuhan memberinya gelar Sayidul Malaikat dan Khazinul Jannah. Dia telah berhasil membuktikan bahwa dirinya merupakan monoteis sejati yang hanya akan menyembah Tuhan, dan tiada selain Dia.
Rupanya Tuhan berkata lain. Dia menguji kesetiaan Azazil melalui penciptaan manusia. Usai menciptakan Adam, Tuhan memerintahkan kepada Azazil untuk menyembahnya, dengan dalih bahwa manusia merupakan makhluk paling sempurna yang pernah diciptakan-Nya. Setelah melalui ujian berat menaiki 7 tingkat surga demi membuktikan kesetiaannya, Azazil tentu tidak mudah untuk langsung menyembah selain Tuhan. Dia pun menolak, lalu seketika itulah Tuhan melaknat Azazil, tubuh malaikatnya serta-merta berubah menjadi tubuh setan, dan namanya berganti menjadi Iblis. Sebagai hukuman atas ketidak-patuhannya, Tuhan mengirim Iblis ke dunia. Hingga kini, lokasi dimana Azazil diturunkan dikenal sebagai Jabal Muntar, yang lokasinya berada tidak jauh dari Jerusalem.

Di dunia, Iblis berkembang biak menjadi banyak dan tak lama menjadi bangsa setan. Ia pun mengutus salah satu keturunannya untuk menggoda Adam agar memakan buah Khuldi. Iblis tahu bahwa jika Adam maupun Hawa memakan buah tersebut, mereka akan dilaknat dan diasingkan ke dunia. Peristiwa bersejarah itupun terjadi, kedua manusia tersebut memakan buah terlarang dan dikirim ke dunia. Sebelum mereka tiba di dunia, Iblis telah terlebih dahulu mengetahui dimana mereka akan mendarat. Iblis berfikir bahwa untuk memusnahkan kedua manusia tersebut dengan cara menjadikan tempat mereka mendarat menjadi sebuah tanah yang tandus yang tak mungkin dihidupi. Daerah yang disebut sebagai Padang Arafah yang tadinya merupakan padang rumput yang asri dengan pepohonan dan sungai pun dibakar dengan menggunakan api dari tubuh Iblis, mengingat dia memang diciptakan dari api Sammun. Padang Arafah berubah menjadi padang pasir yang gersang dan tandus.

Renungan Hari Ini
Sepintas tampaknya tidak adil bagi Azazil. Justru karena kesetiaannya sebagai monoteis yang tidak mengizinkannya untuk menyembah selain Tuhan, dia malah dihukum sepanjang masa hingga Hari Akhir. Apakah Tuhan malah mendukung politeisme, dimana umat menyembah selain diri-Nya? Mengapa Azazil, yang hanya berbuat satu kesalahan, yang bahkan mungkin tidak bisa disebut sebagai sebuah kesalahan, langsung dilaknat Tuhan, sementara kita manusia yang berbuat kesalahan berulang-kali masih dibiarkan hidup dan berkeliaran di muka bumi? Apakah Tuhan telah berbuat kesalahan?

Dimana letak keadilan-Nya? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin bisa menjadi bahan renungan untuk kita semua.

@putrafara 5.9.2011 21.54

25 komentar:

  1. Saya pernah menulis puisi yg mirip dengan penafsiran ini. dan menui banyak sekali protes di link http://www.kemudian.com/node/231390

    artikel yang menarik, salam

    Irwanbajang.com

    BalasHapus
  2. artikel yg mantaff gan :) ....keep posting

    BalasHapus
  3. hahahaha kesimplulan yang aneh..... sembah disitu sebgah hortmat, koplak. azazil merasa mahluk yang palingt mulia makanya dia gengsi dengan mahluk yang baru diciptakan yang belum pernah beribadah. Manusia diampuni karena dia mau tobat (mengakuio kesalahanya dan tidak mau mengulangi lagi). ujian terberat bagi Azazil ya ini, meruntuhklan sombo\ng. dia tidakl diampunio karena tidak pernah meminta ampun.

    lihat malaikat dia salah ngomong sedikit saja lamngsung memeinmta ampun. ketika ada pmalaikat Israfil melihat yang tersurat di Lauh Mahfuz ada tercatat :
    “Adanya satu hamba Allah yang beribadah selama 80,000 tahun tetapi hanya kerana satu kesalahan, maka ibadah hamba itu tidak diterima Allah dan hamba itu terlaknat sehingga hari Kiamat”
    Israfil menangis pilu karena bimbang setelah membaca tentang makhluk yang tersurat di Lauh Mahfuz itu. Khawatir bahwa makhluk itu adalah dirinya. Maka diceritakanlah oleh Israfil kepada semua malaikat tentang pengalamannya melihat apa yang tersurat di Lauh Mahfuz. Maka menangislah sekalian malaikat karena takut dan bimbang akan nasib mereka. Lalu semua malaikat datang menemui Azazil yang menjadi imam para malaikat,  meminta agar Azazil mendoakan keselamatan dunia dan akhirat kepada seluruh malaikat.
     
    Azazil pun mendoakan keselamatan di dunia dan akhirat kepada seluruh malaikat dengan doa :
    “Ya Allah, Janganlah ENGKAU murka terhadap mereka (para malaikat)”
    Tapi Azazil lupa untuk mendoakan keselamatan untuk dirinya. Selepas mendoakan semua malaikat, Azazil terus menuju ke surga. Di atas pintu surga, Azazil melihat suratan tentang :
    “Ada satu hamba dari kalangan hamba-hamba Allah yang muqarrabin yang telah diperintahkan Allah untuk mengerjakan suatu tugas, tapi hamba tersebut mengingkari perintah Allah. Lalu dia tergolong dalam golongan yang sesat dan terlaknat”. itulah bibit kesombonganya. Paham?

    BalasHapus
  4. Gan, tdk perlu mempertanyakan dimana letak dan keadilan-Nya, karena ALLAH SWT Maha Tahu. Dan tidak perlu merenung segala, nanti malah setan yang masuk ke dalam pikiran kita. Bener apa yang di komen bro barep pangestu. Azazil lupa kalau dia makhluk ALLAH jg yang tidak boleh sombong.

    BalasHapus
  5. mnyembah/meng-ibadahi dr sendri,..

    BalasHapus
  6. ilmu dan iman belum satu allah tidak akan menarik kembali apa yang telah di berikannya karna maha adil sesungguhnya kita bisa lihat saat allah menguji azazil lihat di surat albaqarah dari awal sampai habis jngan stengah stengah allah swt menyuruh azazil itu hormat dngan kita tpi ia malah menjawab q diciptak dri api api lebih baik dari tanah,,dia azazil ahli ibadah tpi tidak pintar pribadinya,maka terjawablah hasil ibadahnya itu sia sia,jika saja dia menjawab q tak kan pernah sujud hanya selain pada engkau ya allah,maka dia dak akn turun ke neraka maka allah menjawab kpada malaikat lain sesungguhnya q lebih tau yang di maksud adalah allah mengetahui hati azazil dan keseimbangan alam karna ia menciptakan nya dan yang terakhir saat allah menerjunkan ia keneraka azazil menjawab q minta tanguhkan atas hasil ibadah ku untuk merusak manusia,,bukan lah ia meminta taubat tpi mengubar dendam tidak seperti adam dan hawa setelah kesalahan ia meminta taubat dan allah maha mengampuni..sifat cemburu iri dengkilah yang merusak mahluk amal dan alam ini,,inilah pusat sifat nafsu

    BalasHapus
  7. قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ ۖأَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ
    Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?" ( QS. Shad : 75)

    قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ ۖخَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ
    Iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah" (QS. Shad : 76)

    وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلاَئِكَةِ اسْجُدُوا لأَدَمَ فَسَجَدُوا إِلاَّ إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الكَافِرِينَ
    “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kalian kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur (sombong) dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir“
    (QS. Al Baqarah : 34)

    Iblis itu Mahluk yang paling angkuh, dan sombong (takkabur). Merasa lebih tinggi derajatnya dari mahluk yang lain. Merasa lebih istimewa dan sempurna dari Mahluk yang lain. Sangat wajar jika Allah Azza wa jalla melaknat Iblis, dan memasukan ia kedalam Kerak Neraka....

    http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/jauhi-sikap-sombong.html
    http://al-atsariyyah.com/sombong-sifat-penghuni-neraka.html

    BalasHapus
  8. Semua alur cerita itu menjadi rahasia/sirr Sang Pencipta sbg dalang sedang iblis, malaikat dn kita2 hanyalah wayang yg menjalani skenario. Maka jadilah wayang yg ikhlas menjalani peran !

    BalasHapus
  9. agan barep pelengkap sip...
    ane ga perlu protes lg.hehehe

    BalasHapus
  10. RT agan barep
    di dunia ini kita mencari kebenaran
    dan kebenaran yang mutlak itu Allah SWT
    Allah tidak mungkin salah

    BalasHapus
  11. Maaf gan.. Saya liat koq seperti ada yg salah di artikel ini…

    7 nama nama surga di tulis di atas..
    Bukankah itu nama nama langit dari shaf 2 sampai 7 ya… koq di situ di tulis nama surga..?
    Atau memang saya yg gak faham… !

    BalasHapus
  12. saya suka postingan anda ini

    BalasHapus
  13. Allah bukan memerintahkan iblis dn malIkat sujud menyembah Adam, Allah hanya memerintahkan untuk sujud kepada Adam, namun iblis tdak patuh pada perintah Allah, dn iblis tidak menyesal.

    BalasHapus
  14. Allah bukan memerintahkan iblis dn malIkat sujud menyembah Adam, Allah hanya memerintahkan untuk sujud kepada Adam, namun iblis tdak patuh pada perintah Allah, dn iblis tidak menyesal.

    BalasHapus
  15. Allah bukan memerintahkan iblis dn malIkat sujud menyembah Adam, Allah hanya memerintahkan untuk sujud kepada Adam, namun iblis tdak patuh pada perintah Allah, dn iblis tidak menyesal.

    BalasHapus
  16. Semua merupakan sunatullah namun rahasia yg dpt kita singkap terlepas dari semuanya bahwa azazil adalah makhluk yg diciptakkan Allah sebagai PENGUJI manusia & hanya Azazil Sang terpilih mampu mengemban tugas terberat itu tdk ada makhluk lainnya, bahkan malaikat sekalipun

    BalasHapus
  17. Setuju sudirman partang, dan akhirnya...masing2 memiliki peranan...
    Iblis sebagai pengujinya
    Nabi/rasul sebagai pembimbingnya
    Al-Kitab sebagai mata pelajarannya
    As-Sunnah sebagai pedomannya.

    BalasHapus
  18. Setuju sudirman partang, dan akhirnya...masing2 memiliki peranan...
    Iblis sebagai pengujinya
    Nabi/rasul sebagai pembimbingnya
    Al-Kitab sebagai mata pelajarannya
    As-Sunnah sebagai pedomannya.

    BalasHapus
  19. Sesunguh nya Allahswt maha menguasai seluruh segala sesuatu

    Sebelum ada nya sesuatu
    Sebelum tersebut sesuatu apa pun..

    Maka ia mahu tahu untuk men:-
    atur kan
    Menjadi kan
    &
    Bisa berkuasa ke atas sesuatu..

    RASAKAN
    ALLAH
    MAHA BERKUASA
    MAHA BERKUASA
    MAHAAA BERKUASAAAAAAAA

    MELIPUTI

    MENGETAHUI

    SELURUHHH & SEGALA NYA..

    MAKA FAHAMI SEGALA KUASA DLM ATURAN NYA..

    SUDAH TAKDIR ALLAHSWT MAHU CERITA NYA BEGITU..MAKA ITU LAH TAKDIR NYA..
    KITA HANYA BONEKA NYA..

    JIKA ALLAHSWT MAHU AZAZIL
    MENJADI KITA
    &
    KITA MENJADI AZAZIL

    BISA AJA KITA PULA YG MENDURHAKA..

    FAHAMI
    FAHAMI
    FAHAMI

    BISA DURHAKA PUN HANYA DGN IZIN ALLAHSWT..
    SEMUA DI DLM KUASA ATURAN NYA..

    AZAZIL DI PERINTAH KAN
    SUJUD PADA NABI ADAM

    &

    ALLAH TIADA MENYURUH AZAZIL
    MENYEMBAH ADAM..

    FAHAMI

    SUJUD & MENYEMBAH

    HAL YG BERBEZA..

    AMIN YA ROBB ALAMIN..
    JIKA BERMANFAAT AMBIL LAH..
    JIKA TIADA B,GUNA MAKA ABAI KAN

    BalasHapus
  20. Sesunguh nya Allahswt maha menguasai seluruh segala sesuatu

    Sebelum ada nya sesuatu
    Sebelum tersebut sesuatu apa pun..

    Maka ia maha tahu untuk men:-
    atur kan
    Menjadi kan
    &
    Bisa berkuasa ke atas sesuatu..

    RASAKAN
    ALLAH
    MAHA BERKUASA
    MAHA BERKUASA
    MAHAAA BERKUASAAAAAAAA

    MELIPUTI

    MENGETAHUI

    SELURUHHH & SEGALA NYA..

    MAKA FAHAMI SEGALA KUASA DLM ATURAN NYA..

    SUDAH TAKDIR ALLAHSWT MAHU CERITA NYA BEGITU..MAKA ITU LAH TAKDIR NYA..
    KITA HANYA BONEKA NYA..

    JIKA ALLAHSWT MAHU AZAZIL
    MENJADI KITA
    &
    KITA MENJADI AZAZIL

    BISA AJA KITA PULA YG MENDURHAKA..

    FAHAMI
    FAHAMI
    FAHAMI

    BISA DURHAKA PUN HANYA DGN IZIN ALLAHSWT..
    SEMUA DI DLM KUASA ATURAN NYA..

    AZAZIL DI PERINTAH KAN
    SUJUD PADA NABI ADAM

    &

    ALLAH TIADA MENYURUH AZAZIL
    MENYEMBAH ADAM..

    FAHAMI

    SUJUD & MENYEMBAH

    HAL YG BERBEZA..

    AMIN YA ROBB ALAMIN..
    JIKA BERMANFAAT AMBIL LAH..
    JIKA TIADA B,GUNA MAKA ABAI KAN

    BalasHapus
  21. pada masa nabi Musa AS, Azazil pernah memohon ampun melalui nabi Musa AS tapi dengan satu syarat Allah akan mengampuni jika dia bersujud dimakam nabi Adam AS tapi dia menolak untuk sujud kembali. Jadi bukan Allah tidak mau mengampuni, Allah itu maha pengampun tapi makhluk itu sendiri yang tidak memohon ampun dan tobat..Allah mengampuni semua makhluknya sampai ajal datang dan matahari terbit dari barat..itu janji Allah swt.

    BalasHapus
  22. Min, kesimpulan anda itu menjerumuskan.
    Jangan pernah buat kata2 yg akan menghancurkan diri anda sendiri.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Logika yang tajam....
    intro... Islam sesungguhnya bertentangan dengan kristen, namun pertentangannya tidak sevulgar terhadap gereja setan/satanic.
    back to topic.. Azazel bagi Yahudi Sejati dan Kristen Sejati lebih merepresantisaikan Sang Penghapus Dosa Manusia alias Mesias alias Kristus yg bernama Yesus atau dalam bhs ibrani:Yohushua.Untuk detail baca tentang Azazel dari Wikipedia atau Imamat 16, tentang cara persembahan korban penghapusan dosa dan korban bakaran untuk Tuhan yg dilakukan umat Tuhan(kala itu adalah bani Israel).

    Sy juga td nya gk ambil pusing tentang Azazel, namun karena sebagian muslim berkata bhwa Azazel adalah Lucifer makanya saya penasaran, karena dlm mindset saya doktrin di Islam dan di Kristen itu bertentangan. Jika Islam menyatakan itu Setan bisa jadi itu adalah Mesias atau Roh Kudus! dan ternyata mindset saya terbukti.Di Alkitab Lucifer menipu Adam akan menjadi Tuhan jika memakan buah terlarang, sementara di Alquran adam telah jadi Tuhan karena telah disembah oleh malaikat, walau Azazel menolaknya.

    Dalam Alkitab hanya yg menyandang gelar Allah/Tuhan yang harus disembah, yaitu Allah/Tuhan Mahakuasa (True God as Jesus said in John 17:3) dan Tuhan Sangat Berkuasa atau Mesias yg bernama Yesus atau Yohushua bhs Ibrani. True God The Father is One/esa, Ini adalah ajaran Monotheistic/Tawhid dalam kekristenan sebagaimana dimiliki Yahudi Asli. Trinity is oneness of Father, Son, Holy Spirit. So Trinity is not Tawhid at all.

    Di Alquran kedatangan Isa kedua kali akan menghancurkan salib(ini jelas agenda Luciferian/real Antichrists), jadi Isa (islamic Jesus) adalah Antichrist. oia 'Yesus bukan Juruselamat' adalah doktrin utama Lucifer dan juga terdapat di Talmud Babilonia milik Yahudi Palsu. Frase Yahudi Palsu yg adalah jemaah Iblis ada di wahyu 2:9.
    jesusking.xyz

    BalasHapus
  25. Logika yang tajam....
    intro... Islam sesungguhnya bertentangan dengan kristen, namun pertentangannya tidak sevulgar terhadap gereja setan/satanic.
    back to topic.. Azazel bagi Yahudi Sejati dan Kristen Sejati lebih merepresantisaikan Sang Penghapus Dosa Manusia alias Mesias alias Kristus yg bernama Yesus atau dalam bhs ibrani:Yohushua.Untuk detail baca tentang Azazel dari Wikipedia atau Imamat 16, tentang cara persembahan korban penghapusan dosa dan korban bakaran untuk Tuhan yg dilakukan umat Tuhan(kala itu adalah bani Israel).

    Sy juga td nya gk ambil pusing tentang Azazel, namun karena sebagian muslim berkata bhwa Azazel adalah Lucifer makanya saya penasaran, karena dlm mindset saya doktrin di Islam dan di Kristen itu bertentangan. Jika Islam menyatakan itu Setan bisa jadi itu adalah Mesias atau Roh Kudus! dan ternyata mindset saya terbukti.Di Alkitab Lucifer menipu Adam akan menjadi Tuhan jika memakan buah terlarang, sementara di Alquran adam telah jadi Tuhan karena telah disembah oleh malaikat, walau Azazel menolaknya.

    Dalam Alkitab hanya yg menyandang gelar Allah/Tuhan yang harus disembah, yaitu Allah/Tuhan Mahakuasa (True God as Jesus said in John 17:3) dan Tuhan Sangat Berkuasa atau Mesias yg bernama Yesus atau Yohushua bhs Ibrani. True God The Father is One/esa, Ini adalah ajaran Monotheistic/Tawhid dalam kekristenan sebagaimana dimiliki Yahudi Asli. Trinity is oneness of Father, Son, Holy Spirit. So Trinity is not Tawhid at all.

    Di Alquran kedatangan Isa kedua kali akan menghancurkan salib(ini jelas agenda Luciferian/real Antichrists), jadi Isa (islamic Jesus) adalah Antichrist. oia 'Yesus bukan Juruselamat' adalah doktrin utama Lucifer dan juga terdapat di Talmud Babilonia milik Yahudi Palsu. Frase Yahudi Palsu yg adalah jemaah Iblis ada di wahyu 2:9.
    jesusking.xyz

    BalasHapus