Rabu, 11 April 2012

Alien Earth

Para ahli astronomi telah menemukan sekitar 750 planet asing yang dapat ditinggali, dari 2300 planet yang telah ditemukan semua melalui Teleskop Ruang Angkasa Kepler milik NASA. Di antaranya adalah exoplanet yang menyerupai bumi – sebuah planet seukuran bumi dan mengorbit dengan jarak kurang lebih sama dengan bintang pusat tata suryanya, dengan kemungkinan adanya air dan kehidupan di permukaannya.

Menurut Shawn Domagal-Goldman, seorang peneliti NASA dengan spesialisasi biologi exoplanet, bilang kalau sekarang ada satu cara untuk meneliti planet yang diistilahkan ‘Alien Earth’ itu.

Kesulitan dalam menyelidiki dunia seperti itu adalah karena planet seukuran bumi itu kecil, mereka hanya memantulkan sedikit cahaya, jadi seringkali tertutup oleh cahaya terang dari bintang pusat tata surya mereka. Untuk mensiasati hal itu, NASA menggunakan suatu teknologi yang namanya spectroscopy.

Teknologi ini mengukur sinar bintang yang dipantulkan dari atmosfer Alien Earth itu hingga bisa tertangkap oleh teleskop kita.

“Cahaya yang dipantulkan exoplanet mengungkap kisahnya sendiri,” kata Doug Hudgkins, kepala program Kepler di NASA.

Sekarang NASA punya program baru yang namanya Finesse, atau singkatan dari ‘Fast Infrared Exoplanet Spectroscopy Survey Explorer’, yang akan mengukur spektra dari bintang dan planet yang mengelilinginya dalam dua situasi berbeda – ketika planetnya tampak, dan ketika tersembunyi.

Dengan metode ini, peneliti bisa mengetahui komposisi atmosfer planet tersebut. Apabila komposisi atmosfer sebuah planet itu mirip dengan bumi, maka kemungkinan besar kondisi di permukaannya juga mirip, dan memungkinkan untuk adanya kehidupan di sana.

Sekarang NASA kerjasama dengan Google dan bikin sebuah observatori bernama Tess (Transiting Exoplanet Survey Satellite). Dengan ini kita bisa mempelajari planet asing yang masih berjarak 50 tahun cahaya dari bumi.

Tinggal masalah waktu saja sebelum kita bisa meneliti ‘Alien Earth’ – atau planet dengan langit biru dan lautan yang menyelimuti permukaannya, seperti bumi tercinta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar