Sabtu, 18 Desember 2010

Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Siapa yang nggak suka wanita, apalagi yang cantik? Bagi para wanita, ini ada sedikit pengetahuan yang mungkin kalian perlu tau, seperti pernah gue ceritain di http://www.kulinet.com/baca/infeksi-saluran-kemih-pada-wanita/836/

Yang dimaksud dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah infeksi pada kandung kemih, ginjal, maupun saluran-saluran yang menghubungkan organ-organ ini. Infeksi biasanya terjadi ketika bakteri di permukaan memasuki uretra (saluran keluar dari kandung kemih), yang berlokasi di vagina pada wanita. Pada wanita, uretra relatif lebih pendek sehingga memudahkan bakteri memasuki kandung kemih yang hangat dan lembab dimana mereka dapat tumbuh subur. Infeksi pada kandung kemih disebut juga cystitis.

Bakteri terkadang menaiki ureter (saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan ginjal). Mereka umumnya tertahan oleh katup-katup yang mencegah urin mengalir kembali. Jika bakteri berhasil memasuki ginjal, infeksi yang terjadi disebut dengan ‘pyelonefritis’. Pyelonefritis adalah infeksi serius yang dapat menyebar langsung ke aliran darah dan seluruh tubuh.

Gejala ISK diantaranya:

• Keinginan berkemih lebih sering (peningkatan frekuensi)
• Perasaan ingin berkemih yang kuat biarpun hanya beberapa tetes (peningkatan intensitas)
• Sensasi terbakar atau perih ketika berkemih
• Perasaan seolah kandung kemih masih penuh setelah berkemih
• Nyeri diatas tulang selangkangan
• Darah pada urin

Tanda-tanda pyelonefritis termasuk juga nyeri pada belakang panggul, demam dan menggigil.

Gejala ISK dapat dikurangi dengan meningkatkan pemasukan cairan (untuk mengeluarkan urin terinfeksi) dan membuat urin lebih basa (bakteri tumbuh subur dalam kondisi asam). Antibiotik juga seringkali dibutuhkan untuk mengatasi infeksi. Pada beberapa percobaan, jus Cranberry terbukti mengurangi frekuensi ISK. Informasikan dokter anda jika anda mengkonsumsi produk-produk yang mengandung Cranberry karena dapat mempengaruhi kerja antibiotik tertentu.

Walaupun wanita beresiko tinggi karena susunan anatomi mereka, laki-laki dengan masalah pada prostatnya serta penderita diabetes juga rentan terhadap ISK. Diantara usaha pencegahan infeksi yang dapat dilakukan adalah banyak minum, menjaga kebersihan daerah uretra dan memastikan bahwa kandung kemih dikosongkan penuh secara periodik. Salah satu strategi untuk mengosongkan kandung kemih adalah ‘double-voiding’, yakni berusaha untuk berkemih untuk kedua kali setelah menunggu kira-kira satu atau dua menit setelah berkemih. Tindakan ini dapat mengeluarkan urin yang masih tertinggal di dalam kandung kemih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar